Pj Bupati Bekasi Dukung Komunitas Rehab Kali Cikarang yang Aktif Merawat Sungai

admin

admin

CIKARANG BARAT – Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan, mendukung upaya Komunitas River Healing Base (Rehab) Kali Cikarang yang melakukan perawatan terhadap sungai, dengan berbagai aktivitas seperti membersihkan sampah, penanaman pohon, menabur benih ikan di sungai dan kegiatan lainnya.

“Bahkan ke depan, mereka juga akan membuat Sekolah Sungai, untuk mengedukasi masyarakat, khususnya anak-anak, agar memahami, mencintai dan peduli terhadap sungai,” kata Dani Ramdan saat menghadiri Anniversary yang pertama Rehab Cikarang di Bendungan Prisdo, Cikarang Barat pada Sabtu (18/2/2023).

Dani menyebutkan, selain Rehab Cikarang yang sudah bergerak selama empat tahun, banyak komunitas lain di Kabupaten Bekasi yang memberikan kepedulian ikut merawat sungai.

“Mudah-mudahan ini, menjadi bola salju, dari bola kecil menggelinding menjadi besar, dan akhirnya menggerakkan kesadaran masyarakat, kesadaran kolektif pentingnya kita merawat sungai,” ujarnya.

Untuk menggugah kepedulian masyarakat terhadap sungai, Dani mengatakan, tidak harus melalui penyuluhan atau penataran. Karena cara seperti biasanya dinilai membosankan.

“Dengan mengajak mereka mancing di sungai seperti ini bahkan lebih menarik. Sambil mancing, sambil membersihkan sungai, kalau dapat sampah, dibawa dan dikumpulkan, sampah plastiknya diolah dan dijadikan barang berharga,” ungkapnya.

Tak hanya itu, dirinya juga memberikan apresiasi kepada Komunitas Rehab Kali Cikarang yang merintis pengolahan sampah plastik menjadi conblock.

“Semoga kegiatan seperti itu bisa berkembang dan menjadi contoh bagi masyarakat,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di WA Channel Dan Google News:

BERITA TERBARU