Respon Keluhan Masyarakat, Pj Bupati Bekasi Pastikan Kapasitas Produksi WTP Babelan Sudah 90 Persen

admin

admin

BABELAN – Merespon banyaknya keluhan masyarakat yang mengalami kesulitan air bersih, Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan meninjau Water Treatment Plant (WTP) PDAM Tirta Bhagasasi Cabang Babelan, pada Kamis (28/09/2023).

 

Dani Ramdan mengatakan, suplai air PDAM di Kecamatan Babelan mengalami kendala disebabkan sumber air baku dari Kali Bekasi yang debit airnya menurun drastis dan tercemar, karena hampir dua bulan di daerah hulunya tidak turun hujan.

 

Untuk mengatasinya, Dani mengatakan, Pemkab Bekasi sudah meminta bantuan dari BBWS Citarum dan PJT II untuk bisa menambah debit air Kali Bekasi dari saluran Tarum Barat (Kalimalang).

 

“Alhamdulilah, debit airnya sudah ditambah 3000 liter per detik, kemudian tadi malam ditambah lagi 500 liter per detik, saya cek tadi untuk WTP Babelan kapasitas produksinya sudah 90 persen,” terangnya.

 

Dani menyebutkan, pasokan air di WTP Babelan tergantung pada ketersediaan air baku. Apabila tambahan air dari Tarum Barat bisa kontinyu setiap hari maka pasokan air untuk para pelanggan bisa tercukupi.

 

“Karena itu kami terus berkoordinasi dengan BBWS dan PJT II supaya tambahan debit air ini bisa diteruskan sampai berakhirnya kemarau,” ucapnya.

 

Terkait air baku yang tercemar, Dani meyakini hal tersebut dapat diatasi karena teknologi WTP PDAM Babelan cukup canggih sehingga sepekat apa pun air baku yang ada bisa diurai dan diproses dengan baik.

BERITA TERBARU