Dari Dibuka Hingga Saat Ini, Tiket KA Nataru Sudah Terjual Sebanyak 39 Ribu Tiket

admin

admin

Bandung (BRS) – Terhitung sejak dibuka penjualan tiket Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) untuk masa Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) di Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung, sudah terjuao sebanyak 39.014 tiket.

“Ya, sejak dibuka 6 November 2023 lalu hingga Selasa 28 November 2023, tiket KA Nataru untuk berbagai tanggal keberangkatan dari Daop 2, sudah terjual 39ribu tiket,” kata Manager Humas Daop 2 Mahendro Trang Bawono di Stasiun Bandung, Selasa (28/11/2023).

“Yang pasti keberangkatan masa Nataru itu dimulai dari 21 Desember 2023 sampai 7 Januari 2024,” terang Mahendro.

“Pemesanan tiket paling banyak untuk tanggal keberangkatan 22, 23, dan 25 Desember 2023, sudah terjual 40% dari rata-rata tiket yang disediakan setiap harinya. Sedangkan untuk tujuan favorit di Nataru ini masih didominasi kota-kota di Jawa Timur dan Jawa Tengah seperti Surabaya, Malang, Kediri, Solo, Semarang, serta Yogyakarta,” imbuhnya.

Di masa Nataru ini, lanjut Mahendro, Daop 2 Bandung menyiapkan 414 perjalanan KA Jarak Jauh Reguler dan 218.376 tempat duduk selama 18 hari. Jumlah perjalanan dan tempat duduk yang disediakan pun masih bisa bertambah dengan rencana akan dioperasikannya beberapa KA Tambahan nantinya.

“KA tambahan kami siapkan juga, namun itu tergantung dari ketersediaan sarana seperti lokomotif dan kereta serta animo masyarakat yang melakukan pemesanan atau pembelian tiket,” papar Mahendro.

Mahendro juga memprediksi bahwa tiket yang akan terjual di masa angkutan Nataru tahun ini akan lebih tinggi jika dibandingkan penjualan tiket Nataru tahun lalu, yaitu 178.385 tiket.

“Nataru tahun lalu kami sediakan total 212.324 tiket, dan yang terjual 178.385 tiket. Untuk tahun ini, tiket kami tambah 3 persen dari jumlah total tiket tahun lalu,” jelas Mahendro.

“Ini berdasar pada animo masyarakat yang menggunakan KA terus meningkat, disamping sudah longgarnya aturan dari pemerintah, jadi kami memprediksi KA Nataru tahun ini akan mengangkut sebanyak 200 ribu pelanggan atau meningkat 12% jika dibandingkan tahun lalu,” ungkap Mahendro.

“Tak bosan kami selalu ingatkan kepada calon pelanggan yang akan memesan tiket KA Nataru ini, untuk teliti dalam menginput tanggal, memilih rute, dan memasukkan data diri pada saat melakukan pemesanan. Rencanakan perjalanan sebaik mungkin termasuk estimasi waktu perjalanan menuju ke stasiun,” jelasnya.

“Kami ingatkan pula untuk membeli tiket di tempat penjualan resmi, cek juga ketersediaan tiketnya, dan jangan membagikan kode pemesanan tiket ke orang lain,” tutur Mahendro.

“Semoga ini bisa membantu calon penumpang untuk dapat menikmati liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 dengan menggunakan angkutan KA,” pungkasnya.

BERITA TERBARU