Diskominfo Jabar Raih Tiga Penghargaan Anugerah Humas Indonesia 2023

admin

admin

Semarang (BRS) – Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat meraih penghargaan pada Anugerah HUMAS INDONESIA (AHI) 2023 yang diselenggarakan oleh Humas Indonesia di Quest Hotel Semarang, Jawa Tengah, Jumat (3/11/2023).

Dalam siaran persnya, Diskominfo Jabar disebut mendapatkan tiga penghargaan yaitu Gold Winner pada kategori PPID Terbaik, Gold Winner Kategori Pelayanan Keterbukaan Informasi Publik Terinovatif, dan Silver Winner pada Kategori Kanal Digital, Sub Kategori Website.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jabar Ika Mardiah menuturkan, penghargaan tersebut diraih Pemda Provinsi Jawa Barat sejalan dengan penilaian indeks keterbukaan informasi publik, dimana pada tahun ini Jabar meraih nilai tertinggi di Indonesia dengan nilai 84,43 poin.

Selain itu, penghargaan ini merupakan salah satu bentuk hasil implementasi kewajiban badan publik dalam UU Nomor 14 tahun tentang Keterbukaan Informasi Publik.

“Penilaian dan penghargaan bukan menjadi target utama, tetapi bagaimana memberikan pelayanan informasi publik yang lebih baik lagi,” ucap Ika Mardiah.

Rangkaian acara The 5 th Anugerah HUMAS INDONESIA 2023 bertema ‘Keterbukaan Informasi untuk Keberlanjutan Badan Publik yang Bereputasi’ berlangsung dari mulai Pembukaan GPR Outlook 2024, Workshop hingga Awarding.

Penjurian AHI 2023 berlangsung dalam dua tahap yaitu penyisihan dan babak presentasi yang diselenggarakan secara hibrida dengan melibatkan lima juri antara lain Asmono Wikan (CEO PR INDONESIA Group), Emilia Bassar (CEO CPROCOM (Center for Public Relations, Outreach and Communication), Prof. Dr. Dorien Kartika (Guru Besar Bidang Komunikasi Unika Atma Jaya, Wakil Ketua Umum PERHUMAS Bidang Pengembangan Kompetensi Kehumasan), Fardila Astari (Communications Director, Rajawali Foundation), dan Arif Adi Kuswardono (Komisioner Komisi Informasi Pusat RI Periode 2017 – 2022).

Ajang kompetisi kinerja komunikasi dan keterbukaan informasi lembaga publik ini diikuti oleh Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, Perguruan Tinggi Negeri, BUMN, Anak Usaha BUMN, BUMD, Badan Layanan Umum (BLU) se-Indonesia.

Asmono Wikan, CEO sekaligus Founder dan CEO Humas Indonesia menyatakan bahwa Anugerah Humas Indonesia (AHI) 2023 diadakan untuk memberikan apresiasi kepada badan publik yang telah melaksanakan pekerjaan luar biasa dalam menyampaikan keterbukaan informasi publik.

“AHI 2023 diikuti oleh 240 peserta dengan total penghargaan 80 tropi yang akan diserahkan kepada 40 badan publik,” kata Asmono.

BERITA TERBARU