Kerjasama PT INTI Dengan Sberbank of Russia Untuk Garap Digitalisasi Di Indonesia

admin

admin

Jakarta (BRS) – Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia mendukung kolaborasi PT Industri Telekomunikasi Indonesia (INTI) (Persero) dengan perusahaan terbesar di Federasi Rusia yang memiliki pemegang saham utama Ministry of Finance of the Russian Federation, untuk menggarap digitalisasi Indonesia.

“Kominfo mendukung kerja sama PT INTI dengan Sberbank, dan berkeinginan sekali untuk menjadi saksi dari keberhasilan partnership ini,” ucap Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi Kementerian Komunikasi dan Informatika Mochamad Hadiyana di Kantor Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika, seperti dikutip dari siaran pers PT INTI kepada Redaksi BRS, Jumat (3/11/2023).

Hal yang sama juga disampaikan Direktur Pemberdayaan Informatika Ditjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Bonifasius Wahyu Pudjianto, bahwa dalam penerapan digitalisasi nasional, baik pada lingkup sistem e-Government maupun publik, nantinya membutuhkan payung hukum yang komprehensif. 

“Dan, hal yang paling krusial dalam pengembangan aplikasi untuk umum dan e-Government adalah proteksi data dan konten dari unnecessary information,” kata Bonifasius.

Selanjutnya, melalui paparan konsep kolaborasi antara PT INTI (Persero) dan Sberbank of Russia, Staf Ahli Wakil Menteri Kominfo Bidang Kapabilitas Birokrasi dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Dewi Ratih Kamiliah, bahwa pada dasarnya, setiap perusahaan asing yang hendak berbisnis di Indonesia wajib berkolaborasi dengan perusahaan nasional untuk melakukan transfer of technology. 

“Sehingga, PT INTI (Persero) in this case, playing the most important role dalam menerima transfer of knowledge and technology. Sebab, di masa depan, kitalah yang akan membangun, menjadi produsen teknologi kita sendiri,” kata Dewi.

Selain tanggung jawab alih ilmu dan teknologi, tambah Dewi, kolaborasi PT INTI (Persero) dan Sberbank of Russia itu nantinya harus menuntaskan tahapan uji konsep sebelum diimplementasikan di instansi pemerintah maupun masyarakat.

“Kolaborasi ini harus mengeksekusi proof of concept on how your concept and technology is working, itu harus kita ketahui dengan jelas,” tegas Dewi.

Sementara itu, Direktur Utama PT INTI (Persero) Edi Witjara mengatakan, sinergi strategis antara PT INTI (Persero) dan Sberbank of Russia tersebut telah dilakukan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding atau MOU) terkait Digitalisasi Indonesia antara PT INTI (Persero) dengan First Deputy Chairman of the Executive Board of Sberbank of Russia Alexander Vedyakhin, Kamis, 2 November 2023 lalu di Jakarta.

“Kolaborasi kedua negara ini akan kami fokuskan untuk memperluas aspek digitalisasi industri, khususnya terkait financial services, security, smart devices for end users, healthcare, education, tourism & sports, serta entertainment di Indonesia,” kata Edi.

Rencananya, lanjut Edi, digitalisasi industri yang menjadi target kedua perusahaan itu akan dieksekusi melalui pengembangan dan pemanfaatan kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI) dan keamanan siber di sejumlah bidang bisnis seperti jasa keuangan, keamanan, perangkat cerdas untuk publik, pelayanan kesehatan, pendidikan, pariwisata dan olahraga, serta industri hiburan. 

Sejumlah bidang usaha ini menjadi target pengembangan digitalisasi karena terdapat kecenderungan secara internasional bahwa pada area bisnis itu sudah mulai menggunakan platform cerdas dan teknologi informasi berbasis AI.

“Bahkan, institusi pemerintah dan bisnis pun mulai menjajaki pengembangan berbagai platform untuk memberikan layanan digital,” ungkap Edi.

Edi menambahkan, nantinya dari kerja sama kedua belah pihak itu akan berlangsung komprehensif, mencakup aspek pemasaran dan penjualan, penyediaan teknologi dan solusi, penyediaan pembiayaan, hingga uji konsep. 

“Kolaborasi strategis PT INTI (Persero) dengan partner global ini akan menjadi rekam jejak yang positif ketika implementasinya nanti di targeted market,” pungkas Edi.

BERITA TERBARU