Masjid Kampus, Tempat Lahirnya Para Intelektual Muda

admin

admin

Bandung (BRS) – Kekhawatiran terhadap berkembangnya gerakan radikalisme dan intoleransi di masjid-masjid, khususnya masjid kampus, masih menjadi isu yang timbul tenggelam sampai saat ini.

“Padahal, masjid-masjid kampus sejatinya diharapkan dapat mempersiapkan intelektual-intelektual muda muslim yang mampu menjadi agen perubahan bangsa ke depan, lewat aneka inovasi yang disebarkan di dalam jejaring pergaulan nasional maupun internasional,” ucap Ketua Umum AMKI Hermawan Kresno, dikutip dari siaran pers AMKI, Sabtu (11/11/2023).

Berangkat dari harapan tersebut, lanjut Hermawan, Asosiasi Masjid Kampus Indonesia (AMKI) yang telah berdiri sejak tahun 2005, menggulirkan kegiatan Jambore Nasional AMKI Muda.

“Jambore ini diikuti oleh sekitar 300 orang mahasiswa beserta dosen pendamping yang datang dari berbagai provinsi di Indonesia, dari Sabang sampai Merauke. Acara berlangsung pada 12-16 November 2023 di Kompleks Secapa AD maupun sejumlah masjid di Kota Bandung,” ungkapnya.

Jambore Nasional AMKI Muda diisi dengan diskusi bersama para tokoh nasional maupun internasional (baik secara luring maupun hybrid), aneka perlombaan inovasi dan gagasan yang telah dimulai sejak Oktober lalu, serta ada city tour ke sejumlah masjid di Kota Bandung, dan pembinaan mental maupun spiritual bagi para mahasiswa, dengan melibatkan Lemhannas dan instruktur dari Sesko TNI AD.

Beberapa tokoh nasional maupun internasional yang dijadwalkan hadir berbagi inspirasi dalam acara ini adalah Dirjen Dikti Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D., IPU, ASEAN.Eng, Prof. Dr. K.H. Miftah Faridl (Ketua MUI Kota Bandung), Prof. Dr. H. Jimly Asshiddiqie, S.H., M.H. (Ketua Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi RI), dan Dato Seri Haji Anwar bin Ibrahim (Perdana Menteri Malaysia).

“Kegiatan ini adalah bagian dari program pembinaan kepemimpinan bangsa yang dijalankan oleh AMKI,” imbuhnya.

AMKI saat ini beranggotakan lebih kurang 300 masjid kampus dari berbagai perguruan tinggi se-Indonesia. Visi AMKI adalah menjadikan masjid kampus sebagai pusat pendidikan karakter calon pemimpin bangsa dalam mewujudkan bangsa yang bermartabat dan menjadi rahmat bagi semesta alam.

Untuk itu, AMKI melakukan kegiatan-kegiatan pokok berupa pengembangan mutu tata kelola masjid kampus, pelatihan kepemimpinan nasional bagi mahasiswa aktivitas masjid kampus, serta kerjasama dengan komunitas muslim di tingkat global.

Jambore Nasional AMKI Muda ini terselenggara atas dukungan berbagai pihak antara lain Rumah Amal Salman (RAS), Kemenristekdikti dan Kemenag RI, BPKH, AMITRA, dan Bank Muamalat.

BERITA TERBARU