Wujud Halal Lifestyle di Kantin BI Jabar

admin

admin

Bandung (BRS) – Setelah melewati berbagai proses persiapan, diantaranya sertifikasi halal oleh Lembaga Pemeriksa Halal Salman ITB dan inspeksi kesehatan lingkungan oleh Dinas Kesehatan Kota Bandung, Kantin “Jawara” Kantor Bank Indonesia Jawa Barat berhasil meraih predikat sebagai Zona Kuliner Halal, Aman, dan Sehat (KHAS).

Penetapan Zona KHAS pada Kantin “Jawara” ini dilakukan oleh Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) pada Selasa (01/11/2023).

Diawali dengan peresmian oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia, Doni Primanto Joewono, kegiatan Grand Launching ini sekaligus menandai Kantin Jawara Bank Indonesia Jawa Barat menjadi Zona KHAS berbasis klaster perkantoran pertama di Indonesia.

Capaian tersebut juga menjadi wujud internalisasi halal lifestyle dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Erwin Gunawan Hutapea, menyatakan bahwa pengembangan Zona KHAS Kantin “Jawara” Bank Indonesia Jawa Barat merupakan perwujudan komitmen pencapaian visi Indonesia sebagai pusat industri halal dunia.

“Zona KHAS Kantin Jawara ini juga menjadi terobosan Bank Indonesia Jawa Barat dalam menginternalisasi halal lifestyle sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi dan keuangan syariah di Jawa Barat,” kata Erwin.

Lebih lanjut, guna semakin memperluas kebermanfaatan Zona KHAS, kegiatan ini juga dirangkaikan dengan Workshop Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Industri Halal. Kegiatan ini diikuti 100 mahasiswa dari Universitas Padjadjaran dan Universitas Pendidikan Indonesia untuk mendukung pertumbuhan industri halal melalui penguatan kualitas dan peningkatan kuantitas SDM halal.

Mahasiswa yang mengikuti MBKM Industri Halal ini dipersiapkan untuk terjun langsung ke lapangan sebagai pendamping proses produk halal (P3H).

Selain itu, para mahasiswa itu nantinya akan menjadi pendamping proses sertifikasi halal jalur self-declare, melalui pendampingan dari Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LP3H) Salman ITB dan UIN Sunan Gunung DJati. 

Pada kesempatan yang sama, Kepala Divisi Inkubasi Bisnis Syariah KNEKS, Helma Agustiawan, menyampaikan bahwa Zona KHAS merupakan bentuk sinergi KNEKS bersama dengan seluruh stakeholders dalam mewujudkan halal value chain. 

“Kantin “Jawara” Bank Indonesia Jawa Barat ini menjadi percontohan bagi kantin klaster perkantoran lainnya untuk dapat berlomba menjadikan kantinya menjadi Zona KHAS yang halal, aman dan sehat bagi pegawai,” ucap Helma.

Lebih lanjut, KNEKS juga mengapresiasi langkah Bank Indonesia Jawa Barat dalam mengakselerasi jumlah Pendamping Produk Halal (PPH), sejalan dengan peluang untuk memenuhi kebutuhan tenaga pendamping halal di negara yang concern dengan halal lifestyle, salah satu diantaranya Jepang.

Ke depan, KNEKS terus bersinergi dan berkolaborasi dengan berbagai stakeholders guna mewujudkan Indonesia sebagai produsen produk halal terkemuka di dunia.

BERITA TERBARU