Dies Natalis Ke 69 UNPAR. Bey Sebut Masyarakat Jabar Harus Produktif Di Indonesia Emas 2045

admin

admin

Bandung (BRS) – Penjabat Gubernur  Bey Machmudin mengatakan Jabar bisa menjadi aktor terpenting menuju Indonesia Emas 2045 jika bisa memaksimalkan sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki.

Demikian disampaikan Bey saat sambutan di Orasio Dies Natalis ke 69 Universitas Katolik Parahyangan Bandung, Rabu (17/1/2024).

“Saat ini Jabar sudah menjadi provinsi terbanyak penduduknya, 18 persen dari populasi penduduk Indonesia,” ungkap Bey.

“Nanti di 2045, Jabar akan menjadi provinsi yang memiliki 85 persen sumber daya manusia dalam usia produktif, dan ini sudah lebih dari nasional yang hanya 75 persen,” imbuhnya.

“Jangan sampai bonus demografi itu lewat begitu saja, jadi harus disiapkan bagaimana sistem pendidikan link and match dengan industri,” katanya.

Menurut Bey, SDM Jabar harus menyesuaikan dengan perkembangan teknologi, tidak boleh kaku, dan terus mengembangkan potensi diri.

Selain SDM, Bey menyebut reformasi birokrasi dan ekonomi infrakstruktur menjadi ciri untuk dapat menyongsong Indonesia Emas 2045.

“Reformasi birokrasi, kita sering mendengar hambatan adanya halangan dalam birokrasi. Itulah mengapa harus ada penyerderhanaan birokrasi. Dalam ekonomi dan infrastruktur dalam 10 tahun terakhir dibangun secara masif, seharusnya dapat meningkatkan daya saing,” pungkasnya.

BERITA TERBARU