KPU Kota Bandung Gelar Simulasi Penghitungan Suara

admin

admin

Bandung (BRS) – Tidak lagi akan berlangsung Pemilihan Umum 2024 untuk milih presiden dan wakil presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

Guna mendukung kelancaran Pemilu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung menggelar simulasi pemungutan dan perhitungan suara serta penggunaan SIREKAP dalam rangka persiapan Pemilu serentak 2024 di GOR Saparua, Selasa (30/1/2024).

Dalam siaran persnya, Ketua KPU Kota Bandung, Wenti Frihadianti mengatakan, simulasi pemungutan dan penghitungan suara itu bagi Kelompok Penyelenggara Penyelenggara Pemilu (KPPS) serta para pemilih.

“Untuk kegiatan simulasi dihadiri 500 orang secara langsung menghadirkan masyarakat, KPPS dan unsur KPU,” katanya.

Ia mengatakan, simulasi itu dalam rangka untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat terkait kondisi ril proses pemungutan suara di TPS pada 14 Februari 2024.

Dari proses simulasi ini diharapkan juga untuk memberikan wawasan dan pengetahuan untuk badan penyelenggara dalam hal ini KPPS. Terutama terkait pemungutan suara dan rekapitulasi perhitungan suara.

“Di sisi lain, kita memberikan pemahaman kepada pemilih bagaimana alur pemilihan yang baik dan benar,” ujarnya.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Asep Saeful Gufron berharap, penyelenggara Pemilu baik itu PPK, PPS, dan KPPS dapat memahami tahapan mulai dari warga yang akan menyampaikan aspirasi politik ke lokasi sampai terakhir mebubukan tinta.

Asep mengatakan, Pemkot Bandung terus mempersiapkan seluruh elemen untuk menjaga keamanan Kota Bandung tetap kondusif dan pemahaman tata cara pemungutan suara.

BERITA TERBARU